Cara membuat Pao isi Ayam Jamur, resep

  1. Lakukan tes ragi instan. Dalam gelas berisi air hangat, masukan gula aduk rata. Masukan ragi instan, aduk rata. Biarkan selama lima menit. Tanda ragi masih aktif dan bisa digunakan adalah ia akan mengembang dan membentuk busa.
  2. Dalam mangkuk mixer atau baskom yang kering dan bersih, masukan tepung terigu, tan mien, garam, gula dan baking powder. Nyalakan mixer dengan kecepatan rendah.
  3. Masukan campuran ragi instan, biarkan tercampur rata.
  4. Masukan putih telur, biarkan hingga tecampur rata. Masukan air sedikit demi sedikit, bergantian dengan mentega.
  5. Naikan kecepatan mixer. Proses adonan hingga menjadi adonan yang kalis, kira 10 hingga 15 menit .
  6. Matikan mixer. Pindahkan adonan ke meja kerja yang bersih dan rata. Uleni adonan sebentar.
  7. Bulatakan adonan dan boarkan selama 60 menit hingga mengembang dua kali lipat. Pada saat ini adonan akan tampak mulus tanda elastis.
  8. Setelah mengembang dua kali lipat, kempiskan adonan.
  9. Pindahkan kembali ke meja kerja, bagi menjadi 20 bagian, dengan berat masing-masing kurang lebih 60 gram. Tutupi dengan lap lembab atau plastik agar adonan tidak kering.
  10. Ambil satu bagian adonan, pipihkan. Beri isian dan kembali bulatkan. Lakukan hingga semua adonan terisi. Istirahatkan kembali selama 30 menit. Jangan lupa menutupi dengan lap basah.
  11. Alasi setiap adoanan dengan kertas roti yang sudah diberi olesan tipis minyak sayur.
  12. Panaskan kukusan hingga mendidih dan beruap. Masukan pao, jangan terlalu padat agar mengembang sempurna. Kukus tanpa dibuka selama 8 menit.
  13. Setelah 8 menit, buka tutup dandang/kukusan. Angkat pao, sajikan hangat. Jika proses pengulenan dan tahap resting sudah benar, pao akan berserat halus dan matang sempurna.

Bahan-bahan dalam resep Pao isi Ayam Jamur diatas adalah sebagai berikut

  • 150 ml air es
  • 150 gram tepung tan mien
  • 1 sdt garam
  • Isian: tumis ayam jamur
  • 1/2 sdt baking powder
  • 11 gram ragi instan
  • 2 putih telur
  • 100 gram gula pasir
  • 65 gram mentega putih
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi

Waktu : 120 menit

Porsi : 20 Orang

Resep Pao isi Ayam Jamur Bakpao adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang didapat dari pedagang Cina yang kemudian tinggal di Nusantara. Bak sendiri berarti daging babi, merajuk pada isian Pao. Untuk menghormati masyarakat Indonesia yang sebagian besar Muslim, orang Cina pada jaman dahulu mengganti isian dengan daging ayam. Resep ini sendiri berisi cincangan daging dada ayam tanpa tulang dan jamur champignon yang gurih.