Cara membuat Mie ayam homemade versi ikan tongkol, resep

  1. Masukkan tepung kedalam wadah, beri garam, minyak dan tambahkan air sedikit sedikit, uleni sampai kalis,, diamkan adonan selama 15 menit, tutup dengan plastik wrap atau serbet,#notes : saya gak pake telur ya,, mie tanpa telur nie,, hehe,,
  2. Setelah didiamkan, uleni sebentar dan ambil sedikit adonan dibulatkan dan gilas dengan rolling pin, agar mudah saat diproses ke gilingan mie, (saya menggunakan gilingan dari besar ke kecil 7-1),jangan lupa ditaburi tepung ya, baik saat menggiling maupun memotongnya,, biar gak lengket mienya,,
  3. Setelah adonan menjadi tipis,, potong dengan khusus untuk pemotong mie,(pasta maker saya, malah bentuk mie nya pipih) waktu beli gak dicek sih,,hihi. Rebus mie, sebentar aja, jangan lupa air rebusan dikasih minyak goreng dikit biar gak saling lengket.
  4. Untuk pangsitnya, saya mengambil sebagian dari adonan mie nya ya? Sama kayak bikin mie, hanya setelah digiling tipis, potong potong kotak, goreng,, renyahnya dijamin tahan lama, karena gak pake telur,, 🙂
  5. Untuk ayam kecap (tongkol kecap), haluskan bumbu sampai halus, tumis bumbu kemudian tambahkan air sedikit masukkan kecap, masukkan tongkol yang telah di cincang halus, tambahkan air lagi,, kalau kecapnya masih dirasa kurang, tambahkan lagi, masak sampai kuah nya sedikit/hampir mengering,(saya lebih suka yang masih ada kuahnya sedikit hehe)
  6. Untuk kuah : tumis, bawang merah dan bawang putih cincang, tambahkan air (banyak atau dikit tergantung selera ya) bisa ditambahkan garam atau kaldu bubuk. Setelah mendidih masukkan potongan daun bawang dan seledri. Matikan api,, kalau mau dihidangkan tinggal dipanaskan lagi.
  7. Untuk minyak ayam (saya ganti minyak bawang putih, tinggal bawang putih dicincang terus goreng dengan minyak, goreng sampai kuning kecoklatan dan harum, matikan api. Ambil bawang dan minyaknya sekaligus,
  8. Untuk sambel: rebus cabe rawit dan bawang putih, setelah lembut blender dengan ditambahkan air dan garam sedikit, masukkan perasan air jeruk sambel,,
  9. Cara penyajian : tata mie didalam mangkok, masukkan ayam kecap/tongkol kecap, beri minyak bawang, panaskan kuah sampai mendidih, masukkan sawi yang dipotong2, rebus sebentar kedalam kuah, angkat. Dan masukkan kedalam mangkok, masukkan kuah yang masih panas, dan nikmati dengan pangsit goreng dan sambelnya, (tergantung selera ya)
  10. #sekedar tambahan, saat menumis bumbu untuk ayam kecap, bisa ditambahkan rempah butir, seperti cengkeh dan bunga lawang, dan daun salam,, tapi itu tergantung selera ya,, nah, untuk pangsit,, pada saat menggoreng, apinya kecil saja, biar hasil pangsitnya lebih cantik,, (bentolnya kecil kecil). 🙂

Bahan-bahan dalam resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol diatas adalah sebagai berikut

  • bahan ayam kecap (saya ganti tongkol)
  • 3 ikat sawi hijau
  • 5 sdm kecap manis(bisa ditambahkan jika kurang)
  • 10 cabe rawit,
  • bahan sambel :
  • secukupnya air (saya hanya pake kira kira saja)yang penting jangan sampai lembek
  • 3 siung bawang putih
  • 2 bawang merah cincang halus
  • daun bawang
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt garam
  • bahan pangsit saya ambil sedikit dari adonan mie
  • bahan mie
  • minyak ayam (saya ganti minyak bawang putih),
  • sesuai selera merica dan garam
  • 1 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 500 gr tongkol (buang tulang dan cincang kasar)
  • sedikit garam
  • 300 gr tepung segitiga (lebih bagus protein tinggi ex: cakra kembar)
  • 2 btr kemiri
  • bumbu halus :
  • 3 bawang putih, cincang halus
  • bahan kuah :
  • daun seledri
  • 4 siung bawang merah
  • sedikit perasa air jeruk nipis /bisa juga jeruk sambal,
  • bahan tambahan :
  • 1 sdm minyak

Waktu : 90 menit

Porsi : 3 Orang

Resep Mie ayam homemade versi ikan tongkol Ceritanya pingin banget bikin mie ayam sendiri, soalnya orang rumah suka makan mie ayam, semuanya homemade, tapi ayamnya saya ganti ikan tongkol(sering beli mie ayam terkenal, tapi kok sepertinya bukan ayam tapi tongkol, tp tetap enakkkk 🙂 mie nya tanpa telur ya,, hasilnya kenyal loh! selamat mencoba,,