Cara membuat lemper ayam gurih manis, resep

  1. isian : rebus ayam sampai matang, suwir halus. tumis bumbu halus, masukkan daun salam + sereh + lengkuas, setelah harum tuang santan, bumbui gula garam merica penyedap sesuai selera, setelah mendidih koreksi rasa, kalo sudah pas masukkan ayam suwir, aduk sampe santan habis dan agak sedikit kering *tp bukan kering kayak abon yaa* setelah dirasa teksturnya cukup untuk isian lemper, koreksi rasa lg. #aku suka isiannya agak manis
  2. ketan : cuci bersih ketan, rendam *aku cuma 30 menit* panaskan kukusan, masukkan ketan, kukus setengah matang (kurleb 15 menit).
  3. sementara menunggu ketan dikukus setengah matang, rebus santan + daun pandan di wadah lain, bumbui garam gula.
  4. setelah ketan setengah matang, angkat, masukkan ke rebusan santan, aduk rata, tunggu sampai santan menyerap. masukkan kembali ke kukusan, kukus lagi sampai matang (kurleb 45 menit).
  5. nah selanjutnya ini cara aku... boleh ditiru buat ibu2 yg pengen cepet kelar hihii... bagi ketan jd 2 bagian yg sama banyaknya. ambil nampan/loyang, beri alas daun/plastik. ratakan 1 bagian ketan di loyang/nampan. setelah tebalnya sama rata, taburi isian. tutup dengan bagian ketan yg satunya, ratakan. potong-potong, bungkus daun biar rapi.
  6. beberapa aku buat bentuk ikan-ikanan di cetakan plastik, cm buat lucu-lucuan aja sih...

Bahan-bahan dalam resep lemper ayam gurih manis diatas adalah sebagai berikut

  • 4 biji kemiri, sangrai
  • bahan ketan :
  • 500 gr ayam
  • 6 butir bawang putih
  • bumbu halus :
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 3 lembar daun salam
  • secukupnya garam gula merica penyedap
  • 200 ml santan dr 1/4 kelapa
  • 3 btg sereh, geprek
  • bahan isi :
  • 5 lembar daun pandan
  • 400 ml santan dari 3/4 kelapa
  • 4 butir bawang merah
  • secukupnya garam gula
  • 1 ruas jari lengkuas, geprek
  • 500 gr ketan putih

Waktu : 180 menit

Porsi : 20 Orang

Resep lemper ayam gurih manis anak-anaknya Pak El *baca : laki saiyah, berarti anaknya anak saiyah dong yaaa* doyan bgt sm lemper... setiap ke pasar pasti minta dibeliin, dan masing-masing mereka g cukup 2 biji. akhirnya bermodal tekad sekuat baja *lebay*, terciptalah kue tradisional ini. krn mau cepet kelar, aku cetak jd 1 pake loyang baru diiris-iris hihiii...