Cara membuat Lemon Butter Chicken Steak with Hollandaise Sauce/Steik Ayam Lemon Mentega dengan Saus Hollandaise, resep

  1. Mulai dengan steiknya. Taruh dada ayam di dalam wadah, lumuri dengan perasan lemon (peras lemon 1x aja, jangan kebanyakan), blackpepper, daun thyme kering, bubuk bawang putih dan garam. Sisihkan.
  2. Panaskan air dalam panci. Dengan whisker, kocok kuning telur dan 1 sdm perasan lemon didalam baskom stainless & letakkan diatas panci berisi air panas (meskipun kompor tetap menyala, jaga agar air jangan sampai mendidih, dan jangan sampai air panasnya menyentuh dasar baskom). Kocok terus sampai mengental dan jangan sampai campuran pecah.
  3. Lelehkan 1sdm unsalted butter, tunggu sampai mencapai suhu ruang & campur ke dalam campuran telur, kocok rata jangan sampai pecah atau bergumpal. Sisihkan.
  4. Panaskan 3sdm unsalted butter di wajan, masukkan dada ayam yang sudah dibumbui tadi. Panggang sampai jus dagingnya keluar & masukkan 1-2 sdm bumbu rendaman ayam dan siram-siram keatasnya selagi dipanggang sampai tingkat kematangan yang disuka. Angkat
  5. Letakkan ayam diatas piring, taruh 3 sdm saus di tepi piring. Hidangkan dengan green peas atau sayur lain sesuai selera ditemani fingerlings atau roti.

Bahan-bahan dalam resep Lemon Butter Chicken Steak with Hollandaise Sauce/Steik Ayam Lemon Mentega dengan Saus Hollandaise diatas adalah sebagai berikut

  • secukupnya Thyme,blackpepper,bubuk bawang putih,garam,
  • secukupnya Unsalted butter/mentega tawar atau margarin tawar
  • 1 buah lemon
  • 4 kuning telur
  • 1 Boneless chicken breast (dada ayam utuh tanpa tulang), potong membujur jadi 2 bagian

Waktu : 30 menit

Porsi : 2 Orang

Resep Lemon Butter Chicken Steak with Hollandaise Sauce/Steik Ayam Lemon Mentega dengan Saus Hollandaise Hollandaise sauce itu susah-susah gampang. Sekedar tips, kalau sausnya nggak mengental, cipratin air es. Saus ini bisa dikombinasikan dengan aneka daging, seperti ayam atau salmon. Selain itu, sedikit tarragon bisa menambah citarasanya. Bon appetit! Semua orang bisa masak. Dari bahan yang remeh, chef sejati bisa bikin makanan enak dan berkelas - Chef Auguste Gusteau, dari film Ratatouille (Pixar). **diterjemahkan ala kadarnya.