Cara membuat Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi, resep

  1. Ubi kayu/singkongnya segini 🙂
  2. Cuci bersih ubi kayu dan kolang kaling
  3. Iris tipis gula merah, rebus di air matang dan setelah agak dingin disaring biar bersih dari ampasnya. Rebus jg kolang kalingnya.
  4. Sambil menunggu, potong-potong ubi kayu sesuai selera. Disarankan jgn terlalu besar agar singkong cepat empuk.
  5. Siapkan panci ukuran besar, isi air setengahnya, masukkan daun pandan, rebus sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan singkong yang sudah dipotong-potong. Tutup panci dan biarkan kurang lebih 15 menit. Sambil menunggu, potong2 kolang kaling belah jadi 2.
  6. Masukkan kolang kalingnya, tutup lagi dan tunggu 5 menit.
  7. Buka tutup panci, masukkan gula merah dan gula pasir yang sudah dicairkan tadi. Aduk pelan. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih coba ambil satu singkong dan rasakan, jika belum empuk tutup panci dan tunggu hingga singkong terasa empuk. Jika sudah empuk lanjut ke langkah berikutnya.
  8. Tuang santan instan yang sebelumnya sudah dikocok/dicampur dengan air (jangan langsung dimasukkan ke panci biar tidak menggumpal). Aduk pelan hingga rata.
  9. Setelah mendidih, taburi garam dan vanili. Lalu masukkan potongan pisang. Tunggu sampai mendidih.
  10. Sudah jadiii.. Cicip dan koreksi rasa. Jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasir (kebetulan saya suka manis dan tetap enak karena nanti mau ditambahkan es balok). Tapi jika menurut anda kemanisan, boleh tambahkan air. Setelah rasanya sudah pas, matikan api.
  11. Dan inilah hasilnya..taraa…siap disajikan. Selamat menikmati! 🙂

Bahan-bahan dalam resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi diatas adalah sebagai berikut

  • 3-4 helai daun pandan, cuci dan disimpul
  • 1/2 kg gula pasir, larutkan di air secukupnya
  • 3 lonjor ubi kayu / singkong, kupas kulitnya
  • 400 ml santan kental atau 2 kotak sunkara santan instan
  • secukupnya vanili
  • secukupnya garam
  • 1 sisir pisang kepok (pilih yang tidak terlalu matang)
  • 500 gr kolang kaling
  • 200 gr gula merah / gula aren

Waktu : 60 menit

Porsi : 20 porsi Orang

Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi Ganti Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi 13 Suka 1 Recook Berawal dari permintaan dibuatin kolak pisang singkong untuk acara RT di kampung, dan inilah hasilnya…alhamdulillah ga pake lama sepanci besar habisss…! Buatnya mudah dan semua suka 🙂 bundadewi Bahan-bahan 20 porsi 3 lonjor ubi kayu / singkong, kupas kulitnya 1 sisir pisang kepok (pilih yang tidak terlalu matang) 500 gr kolang kaling 200 gr gula merah / gula aren 1/2 kg gula pasir, larutkan di air secukupnya 400 ml santan kental atau 2 kotak sunkara santan instan 3-4 helai daun pandan, cuci dan disimpul secukupnya vanili secukupnya garam Langkah 60 menit Ganti Ubi kayu/singkongnya segini 🙂 Ganti Cuci bersih ubi kayu dan kolang kaling Ganti Iris tipis gula merah, rebus di air matang dan setelah agak dingin disaring biar bersih dari ampasnya. Rebus jg kolang kalingnya. Ganti Sambil menunggu, potong-potong ubi kayu sesuai selera. Disarankan jgn terlalu besar agar singkong cepat empuk. Tambah foto Siapkan panci ukuran besar, isi air setengahnya, masukkan daun pandan, rebus sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan singkong yang sudah dipotong-potong. Tutup panci dan biarkan kurang lebih 15 menit. Sambil menunggu, potong2 kolang kaling belah jadi 2. Tambah foto Masukkan kolang kalingnya, tutup lagi dan tunggu 5 menit. Tambah foto Buka tutup panci, masukkan gula merah dan gula pasir yang sudah dicairkan tadi. Aduk pelan. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih coba ambil satu singkong dan rasakan, jika belum empuk tutup panci dan tunggu hingga singkong terasa empuk. Jika sudah empuk lanjut ke langkah berikutnya. Tambah foto Tuang santan instan yang sebelumnya sudah dikocok/dicampur dengan air (jangan langsung dimasukkan ke panci biar tidak menggumpal). Aduk pelan hingga rata. Ganti Setelah mendidih, taburi garam dan vanili. Lalu masukkan potongan pisang. Tunggu sampai mendidih. Tambah foto Sudah jadiii.. Cicip dan koreksi rasa. Jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasir (kebetulan saya suka manis dan tetap enak karena nanti mau ditambahkan es balok). Tapi jika menurut anda kemanisan, boleh tambahkan air. Setelah rasanya sudah pas, matikan api. Ganti Dan inilah hasilnya..taraa…siap disajikan. Selamat menikmati! 🙂 Tambah langkah