Cara membuat Kolak singkong bola ungu, resep

  1. Kupas singkong dan ubi. Bersihkan lalu kukus ubi ungu sampai empuk.
  2. Setelah empuk angkat ubi ungu lalu haluskan dengan menggunakan garpu. Campur dengan sagu tani beri sedikit garam dan gula. Karna rasa ubi ungu tidak semanis ubi orange.
  3. Uleni ubi ungu lalu bulatkan kecil2. Rebus di air mendidih sampai mengapung. Angkat sisihkan.
  4. Rebus singkong bersama santan encer dan daun pandan sampai empuk.
  5. Setelah singkung empuk tambahkan gula putih, garam, santan kental. Tes rasa. Tunggu sampai mendidih. Harus diaduk supaya santan tidak pecah ya. Setelah mendidih matikan apinya.
  6. Letakkan kolak singkong ke dalam mangkuk saji, tambahkan ubi ungu yg sudah matang dan siap disajikan.

Bahan-bahan dalam resep Kolak singkong bola ungu diatas adalah sebagai berikut

  • 700 ml santan encer
  • Daun pandan
  • 1/4 kg gula putih
  • 500 ml santan kental
  • 1/2 kg singkong
  • 4 sdm sagu
  • 1/2 kg ubi ungu
  • Garam sejumput saja

Waktu :

Porsi : 7 porsi Orang

Resep Kolak singkong bola ungu Ganti Kolak singkong bola ungu 6 Suka Belum masuk bulan puasa tp misua udah kepengen bgt ma kolak singkong. hamil ke 3 ini misua yg jd kebanyakan mau ini mau itu. Katanya pengeen bgt sampe2 dia yg beli singkong dan ubi. Besok paginya dia yang kupasin sebelum berangkat kerja. Dan aku baru tau kalo ubi yg dibeli ubi ungu. Kalo dimasak bareng singkong pastilah kuahnya bakalan jadi ungu. Akhirnya aku bikin biji salak aja. Di rebus terpisah, kalo mau makan baru dicampur. Warnanya jadi cantik bgt y…pulang kerja siang langsung dilahap deh sampe ludes ga ada sisa…lapar apa bener2 ngidam tya Bahan-bahan 7 porsi 1/2 kg singkong 1/2 kg ubi ungu 500 ml santan kental 700 ml santan encer Garam sejumput saja 1/4 kg gula putih Daun pandan 4 sdm sagu Langkah Tambah foto Kupas singkong dan ubi. Bersihkan lalu kukus ubi ungu sampai empuk. Tambah foto Setelah empuk angkat ubi ungu lalu haluskan dengan menggunakan garpu. Campur dengan sagu tani beri sedikit garam dan gula. Karna rasa ubi ungu tidak semanis ubi orange. Tambah foto Uleni ubi ungu lalu bulatkan kecil2. Rebus di air mendidih sampai mengapung. Angkat sisihkan. Tambah foto Rebus singkong bersama santan encer dan daun pandan sampai empuk. Tambah foto Setelah singkung empuk tambahkan gula putih, garam, santan kental. Tes rasa. Tunggu sampai mendidih. Harus diaduk supaya santan tidak pecah ya. Setelah mendidih matikan apinya. Tambah foto Letakkan kolak singkong ke dalam mangkuk saji, tambahkan ubi ungu yg sudah matang dan siap disajikan. Tambah langkah