Cara membuat Kastengel Rumahan, resep

  1. Kocok margarin dan telur dengan hand mixer sampai warnanya agak pucat (kuning pucat)
  2. Masukkan keju parut ke dalam adonan telur dan margarin, kocok hingga tercampur rata. Jangan terlalu lama mengocoknya, cukup sampai rata saja.
  3. Campur tepung terigu pada adonan menggunakan tangan sampai kalis. Pada tahap ini bisa menambahkan tepung ke adonan kalau dirasa adonan masih lengket di tangan.
  4. Giling adonan hingga ketebalan yang diinginkan lalu cetak menggunakan cetakan kastengel yang banyak dijual di toko-toko.
  5. Tata potongan adonan kastengel pada loyang yang sudah diolesi mentega. Jika menggunakan oven kompor, panaskan dahulu oven diatas kompor dengan api yang sangat kecil. Lanjutkan mengolesi potongan adonan kastengel dengan kuning telur lalu taburi keju secukupnya.
  6. Kalau menggunakan kompor, panggang kurang lebih selama 45 menit, pada menit 30 pindah loyang bawah ke atas agar matang merata dan panggang sampai berwarna kuning emas. Terkadang 45 menit belum matang sempurna karena ketebalan adonan maka bisa ditambah waktu secukupnya. Kalau menggunakan oven listrik, panggang dengan panas atas bawah pada suhu 180 waktu 15-20 menit.
  7. Jika sudah matang lalu angkat dan dinginkan di loyang, setelah dingin baru dipindah pada toples agar tetap renyah.

Bahan-bahan dalam resep Kastengel Rumahan diatas adalah sebagai berikut

  • 1 butir kuning telur untuk olesan
  • 400 g tepung terigu
  • 25 g keju parut untuk taburan
  • 200 g keju (diparut)
  • 2 butir kuning telur
  • 200 g margarin

Waktu : 45 menit

Resep Kastengel Rumahan Catatan perdana nih di cookpad 😀 Karena hobi nyemil terutama yang berbau keju, saya pikir daripada beli yang entah gimana bahannya atau harganya yang mahal, maka saya putuskan bikin sendiri aja dengan resep andalan budhe saya yang notabene juru masak andalan! hehe.. Yuuk silahkan yang mw coba