Cara membuat Kalio/rendang ayam koto gadang, resep

  1. Cabe ijo,bw merah,bw putih,jahe,lengkuas,kunyit,ketumbar,lada dihaluskan
  2. Bumbu halus ditumis dgn sedikit minyak,masukkan daun salam,daun jeruk,sereh,tumis sampai wangi
  3. Setelah tumisan wangi,masukkan santan kira2 1500 ml,diaduk sampai mendidih,dan mengeluarkan minyak,diaduk terus jgn sampai santannya pecah
  4. Setelah santan agak kental masukkan ayam,sekali2 diaduk,api nya sedang saja,kalo ayamnya sudah mulai empuk kecilkan sedikit apinya biar minyaknya kelur,jgn lupa cicipin garamnya,kalo sudah kental matikan apinya,siap disajikan

Bahan-bahan dalam resep Kalio/rendang ayam koto gadang diatas adalah sebagai berikut

  • 3 siung bawang putih
  • 3 lbr daun jeruk purut
  • 1 ekor ayam ukuran sedang,potong 8
  • santan dari sebutir kelapa yg tua,kulit dalamnya yg berwarna jgn dikerik,krn nanti santannya gak berminyak
  • 3 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit
  • 2 sdm garam,lada (sesuai selera),ketumbar
  • 2 btg sereh
  • 2 lbr daun salam
  • 7 biji bawang merah
  • 20 biji cabe ijo keriting(sesuai selera)
  • 3 cm jahe

Resep Kalio/rendang ayam koto gadang Rendang atau kalio ayam yg warna merah udah bosan banget,pake cabe ijo wangi dan enaknya beda banget,kalo aslinya rendang koto gadang ini menggunakan daging bebek/itik atau daging kerbau,karena suami gak suka bebek apalagi daging kerbau,jadilah bikin rendangnya menggunakan daging ayam,biasanya setiap kali saya masak gak pernah menimbang bahan2nya,feeling aja,membuat resep inipun pake feeling,tp in syaa Allah bumbu2 nya cukup medok.