Cara membuat Kaldu ayam (pengganti penyedap rasa), resep

  1. Cuci dada ayam hingga bersih, Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan daun Salam, bawang putih yang sudah di geprek Dan garam. Tunggu hingga mengeluarkan aroma wangi daun salam.
  2. Masukkan dada ayam. Rebus dengan api sedang , hingga air menyusut separuh nya -/+ menjadi 500ml .
  3. Angkat Dan dinginkan, setelah dingin tuang ke mangkuk Dan masukkan ke dalam kulkas, tunggu -/+ 2 jam hingga lemak mengapung Dan membeku.
  4. Buang bagian lemak lantas saring kaldu dari sisa lemak
  5. Tuang ke dalam wadah bertutup, simpan di kulkas dengan tertutup rapat, pakai -/+ 2-5 sdm kaldu ayam untuk sambal & 150ml untuk masakan sop atau sayur berkuah, tinggal nambah garam Aja untuk setiap masakan, di Jamin gurih
  6. Tips : saya pakai dada ayam karena lebih manis Dan gurih untuk bikin kaldu Dan juga tidak banyak lemak, pakai kaldu untuk setiap masakan yang memakai penyedap rasa (vetsin)

Bahan-bahan dalam resep Kaldu ayam (pengganti penyedap rasa) diatas adalah sebagai berikut

  • 1 l air untuk merebus
  • 300 gram dada ayam (bisa bagian paha/sayap)
  • 1 butir bawang putih (geprek)
  • 5 lembar daun salam
  • 1 sdm garam

Waktu : 45 menit

Resep Kaldu ayam (pengganti penyedap rasa) Terinpirasi dari segala penyakit yg timbul karena konsumsi penyedap rasa yg berlebih, terutama di bagian kepala! setelah mencoba semua resep cara membuat kaldu agar terasa gurih & manis, akhirnya temuan saya lebih cocok untuk lidah orang indonesia asli, Mari di praktekkan langsung bun!