Cara membuat Jengkol santan ala ala, resep

  1. Rebus jengkol dengan kopi hitam tadi. Pastikkan airnya melebihi tinggi jengkol. Setelah dirasa jengkol empuk, cuci jengkol dengan air bersih. Geprek satu persatu
  2. Nb: jengkol direbus dengan kopi hitam supaya nantinya tidak menimbulkan bau tidak sedap di kamar mandi 🙂
  3. Tumis bumbu halus, masukkan garam, gula, penyedap, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk
  4. Masukkan air secukupnya. Kalo saya, biasanya agak banyak masukkin airnya. Supaya jengkol lebih empuk lagi
  5. Masukkan jengkol, santan dan kecap. Aduk perlahan. Tunggu hingga air agak menyusut. Tes rasa. Kalo sudah, matikkan api dan taraaaaaa, udah jadiii. Selamat mencoba
  6. Nb: karena gak semua suka pedes kaya aku, ada juga cabai yang aku masukin tanpa dihaluskan. Jadi kalo mau lebih pedes, tinggal gigit ajh cabainya

Bahan-bahan dalam resep Jengkol santan ala ala diatas adalah sebagai berikut

  • 13 buah cabai rawit merah(sesuai selera)
  • secukupnya penyedap rasa
  • secukupnya gula merah
  • 5 siung bawang merah
  • 1 kg jengkol tua
  • 2 sdm kopi bubuk pahit
  • secukupnya garam
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe (sesuaikan ukuran)
  • 1/2 ruas kunyit
  • minyak untuk menumis
  • 1 buah kemiri
  • bumbu pelengkap:
  • 1 batang sereh
  • bumbu halus:
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 bungkus santan kental (aku pake santan kara)
  • 2 sachet kecap manis(aku pake kecap bango)
  • air
  • 2 ruas lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • secukupnya air

Waktu : 60 menit

Porsi : 4 porsi Orang

Resep Jengkol santan ala ala Ganti Jengkol santan ala ala Salah satu menu favorite. Tapi suka gak pede makannya karena sesudahnya bikin bau. Untung sekarang udah tau cara masaknyaaa…. Uuh Unuy Ikuti Stop ikuti Bahan-bahan 4 porsi 1 kg jengkol tua 2 sdm kopi bubuk pahit air bumbu halus: 13 buah cabai rawit merah(sesuai selera) 5 siung bawang merah 5 siung bawang putih 1 buah kemiri 1 ruas jahe (sesuaikan ukuran) secukupnya penyedap rasa 1/2 ruas kunyit secukupnya garam secukupnya gula merah bumbu pelengkap: 2 ruas lengkuas 3 lembar daun jeruk 3 lembar daun salam 1 bungkus santan kental (aku pake santan kara) 2 sachet kecap manis(aku pake kecap bango) 1 batang sereh secukupnya air minyak untuk menumis Langkah 60 menit Tambah foto Rebus jengkol dengan kopi hitam tadi. Pastikkan airnya melebihi tinggi jengkol. Setelah dirasa jengkol empuk, cuci jengkol dengan air bersih. Geprek satu persatu Tambah foto Nb: jengkol direbus dengan kopi hitam supaya nantinya tidak menimbulkan bau tidak sedap di kamar mandi 🙂 Tambah foto Tumis bumbu halus, masukkan garam, gula, penyedap, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk Tambah foto Masukkan air secukupnya. Kalo saya, biasanya agak banyak masukkin airnya. Supaya jengkol lebih empuk lagi Tambah foto Masukkan jengkol, santan dan kecap. Aduk perlahan. Tunggu hingga air agak menyusut. Tes rasa. Kalo sudah, matikkan api dan taraaaaaa, udah jadiii. Selamat mencoba Tambah foto Nb: karena gak semua suka pedes kaya aku, ada juga cabai yang aku masukin tanpa dihaluskan. Jadi kalo mau lebih pedes, tinggal gigit ajh cabainya Tambah langkah