Cara membuat Idul Adha: Rendang Daging Kambing, resep

  1. Bumbu halus semua saya blender. Mau diuleg aduuuh capek lah
  2. Dalam wajan, tumis bumbu halus, sereh, daun salam, daun jeruk ke dalam minyak panas. Pake api kecil ya biar nggak gosong. Emang butuh banyak minyak krn bumbunya banyak juga.
  3. Diaduk terus bumbunya sampe mengeluarkan minyak berwarna merah. Teruuus ditumis sampai menyusut sendiri dan minyaknya semakin banyak yg ada di permukaan. Agak lama emang sih, bisa 15-20 menitan.
  4. Habis itu masukin daging kambingnya. Aduuuk terus sampe daging berubah warna (mateng dalam balutan bumbunya).
  5. Setelah daging berubah warna, masukin air sedikit aja asal bumbunya larut. Tambahin garam/penyedap dan kecap manis sampe rasanya dirasa pas. Punyaku jadi pedas-gurih-manis gitu.
  6. Terakhir masukin air agak banyak, rebuuuus sampe menyusut kayak tadi di awal waktu ngasih air sedikit. Abis tu dicek lagi apa daging sudah empuk. Kalo belum empuk yaaa kasih air lagi dan disusutin lagi sampe bener-bener empuk.

Bahan-bahan dalam resep Idul Adha: Rendang Daging Kambing diatas adalah sebagai berikut

  • sejumput ketumbar, (tumbar miri jahe)
  • seruas jari jahe
  • sejumput merica yg masih bulet-bulet (pake yg sudah halus gapapa)
  • 3 buah kemiri,
  • bumbu halus:
  • 2 buah tomat yg besar
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 lbr daun jeruk
  • seruas jari kunyit
  • 9 siung bw merah
  • seruas jari laos (lengkuas)
  • 1 buah sereh dipotong 3 cm-an
  • 500 gram daging kambing, saya pake bagian daging yg merah lalu saya fillet lebar tipis-tipis
  • 7 siung bw putih
  • 1 lbr daun salam
  • sesuai selera kecap manis (saya pake Bango Kecap Manis Pedas Gurih)

Waktu :

Porsi : Orang

Resep Idul Adha: Rendang Daging Kambing