Cara membuat Bihun Ayam Kilattt Sederhana (modal 25 ribu jadi 4 mangkuk), resep

  1. Masak air sampai mendidih. Ambil secukupnya untuk melunakkan bihun. Gunakan wadah mangkuk besar / tupperwar* Sisanya, masak untuk kaldu ayam.
  2. Sambil menunggu air mendidih, siapkan 2 potong paha / dada ayam. (Saya menggunakan kulit paha ayam untuk membuat minyak ayam). Fillet ayam. Pisahkan bagian kulit, daging, dan tulang nya. Kaldu ayam : masukkan bagian tulang ke dalam air mendidih, masak kembali selama 10 menit dengan api sedang. Tambahkan garam secukupnya.
  3. Panaskan minyak kurang lebih 50 ml untuk menumis kulit. Aduk2 sebentar saja. Pisahkan minyak dan kulitnya bisa digunakan / dibuang.
  4. Setelah minyak ayam selesai, gunakan lagi penggorengan / telfon yang sama untuk memasak topping ayam. Panaskan 5 sdm minyak sayur, masukkan bawang putih cincang, aduk sebentar, masukkan daging fillet yang sudah dipotong kecil, lalu tumis hingga ayam matang. Tambahkan bumbu : garam, lada hitam, kecap asin, minyak wijen, dan MSG. Terakhir, tambakan kaldu ayam sedikit agar tumisan sedikit berkuah.
  5. Setelah bihun lunak, minyak ayam tersedia, topping ayam selesai... Siapkan mangkuk untuk sajian. Berikan 3 sdm minyak ayam, tambahkan sedikit garam, merica, kecap asin, dan MSG. Masukkan bihun yang sudah ditiriskan. Aduk rata. Tambahkan topping ayam. Beri taburan bawang goreng dan irisan daun bawang. ***bagi yang menyukai kuah, tambahkan kaldu ayamnya. ***bisa ditambahkan caisim / sawi hijau rebus.

Bahan-bahan dalam resep Bihun Ayam Kilattt Sederhana (modal 25 ribu jadi 4 mangkuk) diatas adalah sebagai berikut

  • 50 ml Minyak goreng untuk membuat minyak ayam dan menumis daging ayam
  • sesuai selera Irisan daun bawang
  • sesuai selera Bawang merah goreng dan bawang putih goreng
  • 2 potong paha / dada ayam (15 ribu). Fillet. Bagian kulit untuk membuat minyak ayam. Bagian daging dipotong kotak kecil untuk topping. Bagian tulang untuk kaldu ayam
  • 1 pack bihun isi 4 potong bihun kering (7 ribu)
  • 1 liter air minum, masak hingga mendidih
  • 4 siung bawang putih, cincang kasar
  • Secukupnya Kecap asin, garam, lada hitam, merica, MSG, minyak wijen

Resep Bihun Ayam Kilattt Sederhana (modal 25 ribu jadi 4 mangkuk)