Cara membuat Ayam Woku Belanga , resep

  1. Siapkan wajan atau panci (belanga). Panaskan sekitar 4 sdm minyak goreng. Tumis bumbu A hingga bawang merah & dedaunan layu.
  2. Tambahkan bumbu B. Tumis hingga harum. Masukkan potongan ayam, masak hingga setengah matang sambil diaduk rata. *Tambahkan air sesuai selera. Resep aslinya gak pake air, cuma dari juice si ayam. Kalo saya sukanya agak berkuah dikit alias nyemek-nyemek .
  3. Tambahkan bumbu C. Masak hingga ayam matang & kuah sedikit mengering. Cicipi rasanya.
  4. Angkat. Sajikan dgn nasi putih anget. Bermacam daun-daunan bumbu membuat hidangan ini jadi unik & enak!

Bahan-bahan dalam resep Ayam Woku Belanga diatas adalah sebagai berikut

  • 2 ikat daun kemangi
  • 2 lbr daun jeruk, buang tulang tengahnya.
  • 15 bh cabai merah (Resep asli pake cabai rawit. Sesuai selera aja pedesnya ya.. )
  • 10 siung bawang merah, iris tipis.
  • 1 sdt garam
  • Secukupnya minyak goreng
  • 3 batang daun bawang, rajang.
  • Bumbu B (Dihaluskan) :
  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera, cuci bersih dgn air jeruk nipis & garam.
  • 1 sdm gula pasir
  • Secukupnya air
  • 2 ruas kunyit
  • 2 lbr daun pandan, sobek & simpulkan.
  • 2 lbr daun kunyit, sobek & simpulkan
  • 1 bh tomat, iris tipis.
  • 2 ruas jahe
  • 1/2 sdt lada
  • 6 btr kemiri
  • 2 btg serai, memarkan & simpulkan.
  • Bumbu C :
  • Bumbu A :

Resep Ayam Woku Belanga Mut-mut'an alias moody. Itulah saya. Agak negatif sifat bawaan saya ini memang.. Contohnya ya nge-publish resep disini. Walaupun kerjaan rumah lagi menumpuk, si Mochi lagi merengek manja seharian, kalo lagi mood tu hasil masakan bakal di jepretin, terus di publish disini. Kalo penyakit "M" (baca: malas) melanda yaa begitulaa.. Buka Cookpad paling baca resep teman-teman disini, kalo lagi penasaran di recook, kalo nggak ya cookmark dulu wae lah.. Makanya saya salut & kagum dgn teman-teman Cookpad yg rutin sharing resep disini *Ntah kapan saya yg amatiran ini bisa seperti mereka.. Wokeh, udah mulai kepanjangan prolognya ini.. Jatuhnya malah curcol ya.. Resep ini saya recook dari ci Amei & sumber dari JTT nya mbak Endang. Rasanya? Kaya akan berbagai harumnya daun bumbu. Pedes, gurih, seger & wangiii... Wuenak la pokoke!! *Daun-daunan bumbunya usahain dipake semua yah, biar rasa & wangi khasnya dapet .