Cara membuat Ayam Presto Serundeng, resep

  1. Ungkep ayam beserta bumbu, tambahkan air dan garam secukupnya. Sebelumnya alasi panci presto dengan daun pisang. Ungkep selama 1 jam
  2. Sebelum panci presto ditutup aduk dulu ya agar bumbu tidaj menggumpal
  3. Setelah satu jam, angkat ayam, sisihkan dalam wadah
  4. Sisa air ungkepnya jangan dibuang ya, kita pakai untun buat serundengnya. Masukkan kelapa ke dalam panci presto tersebut, tidak usah ditutup langsung aduk aduk sampai jadi seperti di bawah ini
  5. Goreng ayam dan serundengnya dengan menggunakan api yg kecil agar hasilnya lebih baik dan matang sempurna
  6. Untuk sambal: siapkan minyak sampai panas. Goreng cabe, bawang putih merah, terasi dan tomat. Sebentar saja jangan terlalu lama. Angkat. Ulek sebentar jangan terlalu halus. Tambahkan gula merah dan garam. Icip rasa. Jika sudah pas, tambahkan perasan limo

Bahan-bahan dalam resep Ayam Presto Serundeng diatas adalah sebagai berikut

  • 100 ml air
  • secukupnya Gula merah
  • 1 ekor ayam
  • Sambal:
  • 10 cabe merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 3 siung bawang merah
  • 1 jeruk limo
  • secukupnya Minyak goreng untuk menggoreng
  • 1 sachet terasi abc
  • secukupnya Garam
  • 5 cabe rawit
  • 1 pouch bumbu ayam goreng langsung jadi (beli di tukang bumbu, 1 pouch gt harganya 3rb)
  • 1 buah kelapa parut kasar untuk serundeng

Waktu : 150 menit

Resep Ayam Presto Serundeng Lagi pingin banget makan pecel ayam tapi maunya yg ada serundeng kelapanya dan aku lagi males bgt ngulek jadi pake bumbu jadi yg langsung bs dibeli di pasar. Bumbu ayam goreng, aku beli dengan harga 3ribu rupiah. Kalo mau buat sendiri bumbu ayam goreng bisa aja kok, pake bumbu ungkep biasa. Aku lagi mau praktis aja hari ini hehe. Oh ya disini aku pake dua ekor ayam yah. Untuk resep akh buat untuk satu ekor ayam