Cara membuat Ayam Panggang Kuning, resep

  1. Pertama-tama mari bersihkan ayam. Lumuri dengan lemon/jeruk nipis, garam dan lada. Tutup wajan dengan plastik bening (cling wrap) dan kemudian sisihkan (sebaiknya di dalam kulkas). Kemudian mari siapkan bumbu halus terlebih dahulu. Kupas bawang, kunyit dan jahe, lalu masukan semua bahan bumbu halus ke blender atau ulek semua bahan bumbu halus. Selanjutnya siapkan panci dan 5 sdm olive oil. Panaskan panci dan tumis bumbu halus sampai harum (kurang lebih 3 - 5 menit), cukup gunakan api kecil agar bumbu tidak hangus tetapi cukup untuk membuat bumbu layu dan matang. Kemudian tambahkan ayam dan aduk rata.
  2. Tutup panci dan diamkan dengan api kecil minimal 30 menit. Aduk sesekali agar tidak gosong. Setelah 30 menit biasanya daging ayam mulai berwarna kuning, tandanya ayam sudah mulai matang.
  3. Jika anda memiliki oven >> Pertama-tama siapkan oven di suhu 180C Kemudian siapkan wadah tahan panas untuk memanggang ayam. Bisa menggunakan pyrex ataupun wadah panggang lainnya. Panggang ayam selama 10 menit, kemudian balik ayam dan panggang selama 5 - 10 menit. Jika ayam tidak ada kulitnya, maka cukup dipanggang masing-masing sisi 5 menit agar ayam tidak kering.
  4. Jika anda tidak memiliki oven >> Siapkan wajan datar dan panaskan di atas api sedang. Tuangkan 5 - 10 sdm Olive oil. Masukan ayam yang sudah dibumbui dan goreng sampai berwarna kuning keemasan.
  5. TIPS: - Jika menyiapkan untuk sekaligus banyak, maka ayam yang sudah dibumbu kuning ini bisa disimpan di kulkas untuk dipanggang di kemudian hari - Pastikan suhu di dalam kulkas cukup dingin agar tidak basi - Biasanya ayam olahan ini bisa bertahan 3 - 5 hari di kulkas - Jika disimpan di kulkas, selalu cek apakah ayam berlendir atau tidak. Jika sudah berlendir maka sebaiknya dibuang karena sudah basi.
  6. Ayam Panggang Kuning siap dinikmati dengan nasi hangat dan sambal rumahan agar lebih nikmat. Jika cuaca dingin, maka sambal tomat bisa menjadi pilihan yang baik, karena tomat memiliki zat yang bisa menghangatkan tubuh, kendati tidak se-efektif jahe.

Bahan-bahan dalam resep Ayam Panggang Kuning diatas adalah sebagai berikut

  • 2 cm kunyit segar
  • Bahan Halus
  • 5 siung bawang merah
  • 2 lembar daun salam
  • 500 gr ayam (sekitar 6 paha ayam yang gemuk-gemuk)
  • Bahan Lainnya
  • 3 siung bawang putih
  • 1 batang serai (kalau tersedia banyak serai, bisa menggunakan 2 batang serai agar wangi)
  • 2 cm jahe segar
  • 1 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar

Waktu : 60 menit

Porsi : 2 Orang

Resep Ayam Panggang Kuning Resep ini saya dapatkan dari nenek sebelum beliau sakit. Biasanya ayam bumbu kuning ini digoreng dan dinamakan Ayam Goreng Jakarta. Tetapi untuk menghindari gorengan, maka pengolahan kali ini dipanggang di oven. Resep ini cukup mudah dan simple. Jadi sesuai untuk yang baru mulai belajar masak ataupun yang waktunya terbatas untuk menyiapkan pangan. Peralatan wajib ada untuk menyiapkan masakan ini : blender bumbu / ulekan, panci, oven. TIPS : Jika tidak ada oven, maka bisa dipanggang di wajan datar / teflon dengan sedikit minyak untuk memberi efek garing seperti deep fried (digoreng dengan minyak banyak).