Cara membuat Ayam Lempah Nanas Khas Bangka, resep

  1. Potong dan cuci bersih. Remas sedikit dengan nanas agar hilang bau amis nya.
  2. Siapkan bumbu. Haluskan bumbu bawang merah,bawang putih dan cabe merah keriting.
  3. Tumis bumbu halus bersama laos geprek, daun salam dan daun jeruk yg dirobek agar aromanya lebih keluar
  4. Setelah bumbu harum masukkan ayam. Aduk rata hingga ayam berubah warna agak matang.
  5. Masukkan air lalu bumbui dengan gula, garam dan merica. Ga perlu pake penyedap karena rebusan ayam akan mengeluarkan kaldu alami
  6. Setelah ayam matang masukkan nanas. Tes rasa. Bila terlalu asam tambahkan sedikit gula agar rasanya seimbang
  7. Sajikan selagi hangat. Terasa dikampung halaman ku bangka. Oohhh bangka rindu makan khas mu #melow sedikit
  8. Biasanya makan bangka terkenal dengan bumbunya yg lekoh. Kalo yg suka bumbunya kental dan banyak bisa ditambah takarannya. Karena aku masak sedikit ayam jadi bumbunya sedikit. Hehe

Bahan-bahan dalam resep Ayam Lempah Nanas Khas Bangka diatas adalah sebagai berikut

  • 1 siung bawang putih
  • 70 gram nanas
  • 2 lembar daun salam (sobek)
  • secukupnya garam,
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • secukupnya air
  • 8 buah cabe merah keriting
  • secukupnya minyak untuk menumis,
  • secukupnya gula,
  • 4 siung bawang merah
  • 1 ruas laos
  • secukupnya merica
  • 2 lembar daun jeruk (sobek)
  • 300 gram ayam

Waktu : 20 menit

Porsi : 3 Orang

Resep Ayam Lempah Nanas Khas Bangka Duh perut laper.. lagi kangen masakan bangka lagi kampung halamanku Apalagi kalo sore-sore biasa nya mama-ku suka bikin ayam lempah nanas khas bangka. biarpun skrg ga dibangka bisa la telpon mama langsung eksekusi bikin khas nya masakan rumahku dibangka. Resepnya simple tapi ngangenin banget. Kadang masakan lempah nanas terkenal nya dibangka si pake ikan tenggiri. Berhubung susah cari ikan tenggiri jd aku ganti pake ayam aja. Hehe