Cara membuat Ayam Kecombrang ala Bali, resep

  1. Cuci bersih daging ayam, lumuri dengan air jeruk nipis & garam, remas-remas sebentar, biarkan 15 menit. Goreng hingga matang. Lalu suwir-suwir.
  2. Irisan bawang merah masukkan mangkok, tambahkan irisan cabe, suwiran bunga kecombrang, dan garam, lalu campur sambil ditekan-tekan dengan menggunakan sendok sampai semua elemen mengeluarkan juice-nya
  3. Panaskan minyak kelapa dalam wajan bersih sampai betul-betul panas, lalu tuangkan minyak panas dalam campuran sambal. Aduk rata sambil ditekan-tekan lagi agar minyak panasnya bercampur dengan air yang keluar dari bawang merah, cabe, & kecombrang.
  4. Finishing: Ayam goreng yg sudah disuwir-suwir taruh dalam mangkok atau piring, lalu masukkan dalam campuran sambal kecombrang sambil diremas-remas. Sajikan & siap dinikmati bersama nasi panas yang masih kebul-kebul. Bon apetit!!! Selamat me-recook ya.

Bahan-bahan dalam resep Ayam Kecombrang ala Bali diatas adalah sebagai berikut

  • 3 sdm minyak kelapa asli, ini wajib ada lho ya, tidak bisa diganti dengan minyak apapun karena akan merubah rasanya
  • 1 buah jeruk nipis untuk melumuri ayam
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt garam untuk melumuri ayam
  • 1/2 bagian bunga kecombrang, ambil tengahnya saja lalu rontokkan, suwir2 dari batang bunganya, atau jika anda mendapat bunga kecombrang yang masih kuncup gunakan bagian kuncupnya saja terus diiris tipis-tipis, batangnya tidak digunakan
  • 3 buah cabe (rawit setan), iris tipis
  • 250 gr daging ayam, bagian dada ya, fillet, ambil dagingnya saja, tulangnya bisa buat sup atau untuk masakan lain

Waktu : 45 menit

Porsi : 5 Orang

Resep Ayam Kecombrang ala Bali Saya tergila-gila dengan ayam kecombrang yg awalnya saya dapati di Resto Sapi Bali di Jogja. Karena penasaran, saya coba-coba bikin sendiri dengan ilmu kira-kira. Pada percobaan pertama, saya langsung sukses membuat hidangan yg rasanya sungguh sama betul dengan yang di Sapi Bali. Pada kesempatan kedua dan seterusnya juga sukses. Saya share resep saya ini kepada sahabat saya. Ternyata dia dan suaminya pun ketagihan. Mohon maaf jika fotonya blur. Kamera & hp yang berkamera dengan resolusi yang lumayan dibawa suami semua. Ini saya pake webcam dgn kualitas gambar yang menyedihkan. Nanti kalau sudah ada foto yang lebih clear saya ganti deh, dgn catatan ayam kecombrangnya belum keburu habis hehehe..... Selamat mencoba ya.