Cara membuat Ayam Goreng Saus Madu Sriracha, resep

  1. Ini nih saus pedas sriracha. Tapi bisa kok bikin sendiri. Soalnya pada dasarnya ya ini saus dari cabai & bawang putih. Dan gak susah bikinnya. Ini sama kayak saus sambal ABC dgn versi sedikit lebih encer karna cuka & rasa bawang putihnya lebih tajam. Jadi bahan yg diperlukan saus sambal, bawang putih, cuka, garam dan sedikit gula. Haluskan semuanya sampai merata.
  2. Siapkan ayam yg sudah dibersihkan, bumbui dengan garam, lada, bubuk bawang putih dan jahe. Tuangkan telur yg sudah dikocok sebelumnya, aduk rata. Diamkan selama beberapa menit. Sayap ayamnya saya potong jadi 2 bagian biar kesannya lebih banyak gitu, padahal ya sama aja
  3. Tuangkan tepung terigu & maizena ke ayam yg sudah dibumbui. Aduk hingga merata. Kalau tidak mau repot bisa langsung pakai tepung bumbu serbaguna instan. Pastikan seluruh permukaan terlapisi dengan tepung secara merata. Ayam siap untuk di goreng.
  4. Disini saya pakai dua kali proses penggorengan. Penggorengan pertama sekitar 10 menit. Nah disini apinya tidak terlalu besar, cukup sedang saja. Setelah digoreng, angkat dan tiriskan.
  5. Proses penggorengan kedua dengan menggunakan api besar. Sekitar 10-12 menit sampai warna ayam coklat keemasan. Dengan proses penggorengan selama dua kali ayamnya jadi lebih krispi. Tapi kalau mau sekali aja juga tetap krispi kok. Lagi lagi sesuai selera dan kebutuhan.
  6. Sambil menunggu ayam, siapkan bahan untuk saus. Campurkan semua bahan untuk saus kecuali wijen untuk taburan. Aduk rata.
  7. Panaskan wajan, tuangkan saus. Masak hingga mengental, cukup sebentar saja 2-3 menit. Disini tak perlu menggunakan minyak goreng atau air.
  8. Jika ayam sudah selesai digoreng dan ditiriskan. Campurkan ayam dengan sausnya hingga merata. Ayam goreng saus madu sriracha siap untuk dihidangkan.
  9. Dalam penyajian bisa ditaburi dengan wijen atau bisa juga irisan daun bawang sesuai selera atau apapun. Bisa disantap dengan nasi atau langsung dicemil gitu aja

Bahan-bahan dalam resep Ayam Goreng Saus Madu Sriracha diatas adalah sebagai berikut

  • 10 potong Ayam (saya pakai bagian sayap, cuci bersih)
  • 5 sdm Tepung maizena
  • 1 sdt Bubuk jahe
  • 2 sdm Kecap asin
  • Bahan untuk saus madu sriracha:
  • 8 sdm Saus Sriracha
  • 5 sdm Tepung terigu
  • 1/2 sdt Lada bubuk
  • 1 sdt Bubuk bawang putih
  • Bahan untuk ayam goreng:
  • 4 sdm Saus tomat
  • Secukupnya Wijen untuk taburan (optional)
  • 1 butir Telur (kocok lepas)
  • 2 sdm Madu
  • 1 sdt Garam

Waktu : 30 menit

Porsi : 6 Orang

Resep Ayam Goreng Saus Madu Sriracha Pas belanja ke supermarket eh nemu saus sriracha. Langsung beli langsung eksekusi buat. Saus ini khas dari Thailand biasanya dipakai untuk jadi saus cocolan. Tapi boleh banget dong dipakai buat yg lain gak cuma sekedar cocolan aja. Ini salah satunya, manis pedas membahagiakan - Tanpa MSG -