Cara membuat Ayam Goreng Kremes a la Mbok Berek + Kremesan Renyah dan Bersarang!!, resep

  1. Ayam goreng: cuci bersih ayam lalu campur smua bahan dalam wajan. Ungkep hingga air menyusut. Bisa ditambahkan tahu dan tempe. Angkat dulu ayamnya baru masukkan tempe dan bergantian dengan tahu agar tidak hancur
  2. Celupkan ayam ke dalam bahan kremesan lalu goreng hingga garing.
  3. Kremesan: campur semua bahan hingga rata. Pastikan minyak sudah panas lalu aduk adonan menggunakan tangan - Goreng dengan cara genggam adonan kemudian kucurkan diatas wajan dg jarak 25-30cm. (Sekali menggoreng cukup 3-4 genggam dan jangan terlalu banyak nanti menggumpal)
  4. Adonan akan menyebar dan bersarang. Setelah ujungnya kokoh tapi masih putih, angkat ujungnya dan lipat kremesan dengan bantuan spatula lalu goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan hingga adonan habis
  5. Simpan dalam toples atau wadah kedap udara.
  6. Dijamin renyah deh nih!
  7. Kalo kurang lama gorengnya jdnya rapuh kaya gini. Cukup sampe kecoklatan aja jgn sampe gosong ya hehehe
  8. Kesukaan!

Bahan-bahan dalam resep Ayam Goreng Kremes a la Mbok Berek + Kremesan Renyah dan Bersarang!! diatas adalah sebagai berikut

  • 300 ml air sisa rebusan ayam + santan
  • secukupnya kaldu bubuk/garam
  • 4 butir kemiri
  • 1 liter santan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 6 siung bawang merah
  • bumbu halus:
  • 1 ekor ayam (potong2)
  • Ayam goreng:
  • 1 batang sereh
  • Kremesan:
  • 100 gram tepung sagu
  • 1 ruas lengkuas (memarkan)
  • 1 sdt baking powder
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • secukupnya gula dan garam
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 sdm ketumbar bubuk

Resep Ayam Goreng Kremes a la Mbok Berek + Kremesan Renyah dan Bersarang!! Ada sisa ayam di kulkas tapi bingung mau dimasak apa. Yang praktis dan tetep bisa enak biarpun ga langsung dimakan. Krn kmrn abis bikin gulai ayam trs krn malamnya pergi jdnya makan diluar. Kalo udah kelamaan udah ga mood deh makan gulainya lg. Kan sayang kalo harus dibuang. Jadi inget udah lama cookmark resep ayam gorengnya mba susi agung (lagi) hahaha kremesan ini jg dr dapoerjoglo.blogspot.co.id tp pertama liat dr ci tintin rayner. Dipikir2 mudahlah bikinnya.. Alhasil langsung eksekusi dan orang rumah bener2 pd puas deh sm hasilnya. Emang ya kalo masak trs yg makan puas tuh jdnya seneng banget. Tp kalo masak trs nyisa gt syedih amat biarpun berkali2 bkin kremesan dan gatot terus jadinya menggumpal kaya rempeyek hahaha tp tetep nekat bkin. Kalo gagal ya makan sendiri aja lah. Eh tp ini bener2 tokcer deh resepnya. ANTI GAGAL!! Ayo deh eksekusi dijamin ga nyesel