Cara membuat ICE CREAM SODA CHIFFON CAKE - ala Mamin, resep

  1. Campurkan & ayak bahan A (2x)........sisihkan.
  2. Campurkan bahan B bertanda * didlm 1 wadah, lalu mixer dgn speed rendah sampai tercampur rata. Masukkan masukan bahan B yg lain'nya, lalu aduk rata menggunakan spatula. Masukkan bahan A yg sdh diayak tadi, aduk rata menggunakan spatula. Lalu mixer dgn speed rendah sampai adonan lembut & tercampur merata (tdk perlu terlalu lama)........sisihkan.
  3. Didalam wadah lain mixer putih telur sampai berbuih, kemudian masukkan gula & mixer lagi hingga setengah mengembang. Masukkan cream of tar tar & mixer lagi sampai betul2 mengembang (jika diterbalikkan adonan tdk jatuh/tumpah).
  4. Masukan adonan putih telur ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit, & aduk perlahan menggunakan spatula, sampai semua adonan tercampur merata.
  5. Tambahkan esense ice cream soda kedalam adonan & aduk perlahan sampai merata. Bagi adonan menjadi bbrpa bagian & beri pewarna makanan pada setiap bagian (sesuai selera).
  6. Panaskan (pre-heat) oven dgn suhu 180 derajat selsius, selama 10 menit. Masukan loyang kosong kedalam oven yg sedang dipanaskan selama 5 menit (hal ini bertujuan utk menghindari kebocoran adonan jika menggunakan loyang bongkar pasang seperti loyang utk chiffon seperti ini).
  7. Keluarkan loyang yg sdh dipanaskan dari dalam oven. Tuang setiap bagian adonan kedlm loyang, dari adonan pertama sampai yg terakhir dgn cara ditumpuk, & tdk perlu diaduk menggunakan lidi/sumpit.
  8. Lalu masukan kembali kedalam oven yg telah selesai dipanaskan terlebih dahulu (pre-heat) tadi. Bakar dengan suhu 160-165 derajat selsius, selama kurang lebih 40-45 menit atau sampai matang (tergantung kondisi oven masing2).
  9. Setelah matang, langsung keluarkan loyang dari dalam oven, & terbalikan loyang, hal ini dimaksudkan supaya cake tdk menyusut/kempas. Kalau loyang yg dipergunakan sdh memiliki "kaki" bisa langsung diterbalikan. Tapi kalau loyangnya tdk memiliki kaki, maka bisa diterbalikan menggunakan kepala botol sebagai penahan'nya.
  10. Setelah cake dingin baru boleh dikeluarkan dari dalam loyang, dgn cara diseset menggunakan pisau.
  11. ICE CREAM SODA CHIFFON CAKE siap dihidangkan

Bahan-bahan dalam resep ICE CREAM SODA CHIFFON CAKE - ala Mamin diatas adalah sebagai berikut

  • 50 gram Gula kastor
  • 125 gram Gula kastor*
  • 1 sdt Esense ice cream soda
  • Bahan D :
  • 1 sdt Cream of tartar
  • 1 sdt Esense vanilla
  • 90 ml Santan kental
  • Bahan B :
  • Secukupnya Pewarna makanan (warna & jumlah sesuai selera)
  • 100 ml Minyak jagung (bisa diganti dgn minyak sayur biasa)
  • 7 butir Kuning telur size besar*
  • Bahan C :
  • 135 gram Tepung terigu serba guna
  • Secubit Garam halus*
  • 7 butir Putih telur size besar
  • Bahan A :
  • 1 sdt Baking powder

Resep ICE CREAM SODA CHIFFON CAKE - ala Mamin Amazing.....utk chiffon cake kali ini yg bikin bukan saya, tapi anak2 & daddy'nya YEESSS.....akhirnya suami'ku mau jg masuk dapur, gegara cake favoritnya habis & udh bbrpa hari saya lg kurang enak badan. Kebetulan anak'ku yg bujang emang udh pinter klo disuruh bikin cake sendiri (walaupun ttp hrs buka contekan dibuku catetan resep mamin'nya) Daddy'nya tanya "abang bisa bikin chiffon cake seperti yg mamin biasa buat ?", & langsung dia jwb "bisa tp hrs liat catatan resep mamin". Langsung deh mereka mulai ngacak2 dapur. Adek'nya yg bagian nimbang, abang'nya yg bagian mixer & ngaduk adonan, daddy'nya yg bagian masukin kedlm oven + iseng nungguin didepan oven, saking kepingin tau'nya gmna sih klo cake lg mengembang didlm oven, & saya cuma bagian komando + tunjuk2 (udh kayak wonderpets.....apa yg penting, kerja samaaa !!!) Dan gak nyangka klo hasilnya bisa jd warna warni bgni (walaupun hrs ngeladenin mereka yg bolak balik bawel nanya ini itu ). Klo utk resep sih sama aja ama chiffon'ku yg seblmnya, cuma istimewa'nya buat saya, ini yg bikin adalah anak2 & suami